Seocips kali ini akan membagikan beberapa tips seo dalam menulis artikel/postingan di Blogger. Mungkin kamu sudah tahu bahwa SEO atau Search Engine Optimation adalah sangat penting untuk perkembangan web/Blog, jika kamu melakukan beberapa optimasi SEO dengan baik maka kamu akan mendapatkan hasil yang baik pula. Mungkin bagi para master SEO, tips ini pasti sudah tidak berguna lagi, tapi tidak untuk pemula seperti saya, saya rasa ini akan sangat bermanfaat.

8 Tips Menulis Postingan Seo Friendly


Tips SEO Blog Blogspot

1. Judul Artikel

Judul juga memiliki bobot keyword yang tinggi, pastikan judul artikel kamu memiliki keyword yang penting dari tulisanmu. Gunakan long tail keyword untuk judul artikel dan letakan kata kunci utama pada awal suku kata judul. Long tail keyword adalah kata kunci panjang yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, untuk judul artikel sebaiknya kita menggunakan long tail keyword, bisa saja kata kunci yang kita bidik terdiri dari 2 suku kata saja, namun untuk judul artikel kata kunci utama tersebut kita jadikan kata kunci panjang atau long tail keyword, caranya adalah dengan menambahkan kata tambahan pada kata kunci utama yang di bidik dan letak kata kunci utama ada pada awal kalimat.

Kamu juga harus memastikan judul kamu sesuai dengan isi artikel kamu, jangan sampai judul dan artikel berbeda, ini jelas-jelas menyesatkan pengunjung. Kamu juga bisa membuat judul yang membuat penasaran pengunjung, ini sangat efektif jika kamu membagikannya ke sosila media.

2. Keyword pada paragraf pertama.

Kamu bisa mengisi paragraf pertama dengan keyword yang kamu inginkan, kamu bisa mengisinya dengan variasi-variasi keyword dan membuat kalimatnya terlihat wajar bagi pembaca blog. Semakin banyak jumlah kata dalam sebuah artikel berarti kata kunci yang bisa kita libatkan akan semakin banyak, namun yang terpenting adalah atur bagaimana caranya agar isi artikel yang kita buat mudah utuk dipahami oleh orang yang membacanya, silahkan rankai isi artikel dengan melibatkan kata kunci sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami. Jangan terlalu berlebihan, karena kita tahu bersama bahwa terlalu berlebihan itu kurang bagus (kecuali berlebiha duit mungkin..hehehe).

3. Analisis Keyword

Latilah kemampuanmu mengolah kata-kata dengan keyword di blog kamu, jangan sampai kamu memasukan keyword dikalimatmu tapi terlihat aneh di mata pembaca.  Ada berbagai macam strategi dan alat untuk melakukan analisis keyword. Anda bisa memulai dengan analisis keyword sederhana ini. Menentukan keyword secara efektif akan membuat artikel yang ditulis tidak sia-sia dan kandas di persaingan SERP dan menghindarkan artikel dari pembanjiran keyword yang merusak artikel. Baca juga cara mengetahui keyword paling banyak dicari.

4. Penggunaan Heading

Pada waktu menulis postingan pastinya kamu akan melihat ini di bagian atas, seperti heading (h2), subheading (h3), minor heading (h4) dan normal. Pastikan kamu menggunakan sub judul pada artikel untuk memisah beberapa poin penting.  Kamu bisa menggunakan ini untuk optimasi postingan kamu agar lebih seo friendly.

5. Deskripsi Postingan

Pastikan kamu mengisi deskripsi postingan kamu setiap menulis artikel baru, letaknya di sidebar kanan bawah (deskripsi penelusuran). Usahakan isi deskripsi ini unik dan berisi variasi keyword berbeda dengan yang ada di postingan untuk mendapatkan hasil yang bagus. Sempatkan waktu anda untuk mengisi deskripsi blog agar terancang dengan baik, tidak disarankan juga terlalu mengulang-ulang keyword disini.

6. Link

Link yang akan kita bahas disini adalah internal, yaitu link yang menuju ke postingan yang lain. Link ini bisa menjadi sumber lain untuk memperjelas postingan kamu, kamu bisa melihat contohnya wikipedia. Internal linking membuat search engine mudah menemukan dan memberi bobot pada artikel lain yang dirujukkan. Internal linking juga memiliki manfaat dalam menunjukkan otoritas blog anda serta mengurangi bounce rate.

Kamu juga bisa membuat internal link dari postingan kamu yang populer ke postingan baru yang masih berhubungan. Untuk membuat internal link yang menuju ke artikel baru, kita harus menemukan artikel milik kita yang sudah mendapatkan reputasi baik dimata mesin pencari, artinya artikel tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari, banyak dikunjungi dan menduduki posisi 1 sampai 3 besar pada SERP, atau paling tidak berada pada urutan 10 besar mesin pencari google, setelah berhasil ditemukan kita edit dan buat link dalam artikel tersebut yang menuju artikel baru kita. Kamu bisa mengetahuinya lewat widget popular post atau menggunakan situs Moz Researchtools

7. Gambar

Penggunaan gambar juga bisa menjadi sesuatu yang penting dan memiliki nilai tersendiri terhadap search engine, tapi yang terpenting tentusaja untuk pengunjung. Kamu juga dapat memperjelas informasi konten anda yang sulit di jelaskan dengan kata-kata tapi lebih mudah dengan gambar. Kamu bisa menambahkan alt, title, dan deskripsi untuk memperjelas gambar anda. Untuk cara optimasi gambar pada postingan agar lebih SEO friendly sudah pernah saya jelaskan di cara optimasi gambar di postingan.

8. Trend

Mungkin ini lebih cocok jika di bahas di awal tadi, karena ini dilakukan sebelum menulis postingan. Jadi makus trend disini adalah apa yang sedang hangat di perbincangkan, dicari, pokoknya yang sedang populer saat ini. Biasanya kamu akan mengetahui ini di sosial media atau forum di luar sana. Membuat artikel/post yang sesuai dengan trend tidak hanya akan membawa banyak pengunjung dan pembaca, apalagi jika kamu membagikannya di sosial media, kamu bisa mendapatkan pengunjung yang banyak dari sini. kamu juga bisa menggunakan Google trends untuk mengetahui apa yang sedang populer. Lebih bagus lagi jika kamu sudah dapat memprediksi apa yang bakalan menjadi topik hangat dan kamu sudah menulisnya lebih dulu dari orang lain, tapi tentu saja hal ini sangat sulit untuk dilakukan.

Nah sekian tips SEO sederhana ini, semoga saja bermanfaat.
6 Komentar untuk "Tips SEO: Tips Menulis Artikel/Postingan di Blogger"

Infonya benar-benar luar biasa dan sudah saya buktikan ampuh. Khusus robot txt memang benar sobat kalau sampai salah pemakaian atau diotak-atik sembarangan walaupun tanpa sengaja maka hasilnya blog kita diacuhkan oleh Google dan itu sudah terjadi pada blog saya di mana artikel yg sudah diindeks lenyap dari peredaran. Terima kasih sudah mau berbagi tips bermanfaat ini.

sangat bermanfaat gan, terimakasih...