Pemukul bisbol adalah sebuah sebuah kayu halus atau pentungan metal yang digunakan dalam olahraga bisbol untuk memukul bola setelah bola tersebut dilemparkan oleh pelempar. 

tongkat, stik baseball - bisbol
Empat pemukul bisbol bersejarah yang signifikan yang diperlihatkan di pameran berjalan National Baseball Hall of Fame "Baseball As America". Dari kiri ke kanan: pemukul yang digunakan oleh Babe Ruth untuk mencetak home run ke-60nya pada musim 1927, pemukul yang digunakan oleh Roger Maris untuk mencetak home run ke-61nya pada musim 1961, pemukul yang dgunakan oleh Mark McGwire untuk mencetak home run ke-70nya pada musim 1998, dan pemukul yang digunakan oleh Sammy Sosa untuk home run ke-66nya pada musim yang sama.

Sejarah

Tongkat baseball pertama kali muncul di tahun 1850-an pada saat kemunculan bisbol di kancah olahraga AS. Dalam baberapa dekade berikutnya terlihat perubahan pada tongkat pemukul, mengikuti kemajuan dalam aturan dan strategi baseball. Ada berbagai tongkat baseball dibuat dengan berbagai bahan, tapi tongkat yang terbuat dari kayu abu atau maple adalah yang paling menonjol di tingkat profesional olahraga ini.


Tongkat Pertama

Dikutip dari Baseball-Bats.net, tongkat pertama diciptakan dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk yang datar. Pemain membuat tongkat pemukul sendiri dan menemukan bahwa barel bulatlah yang paling efektif. Berbagai desain untuk handle, dan barel tongkat pemukul diuji sampai tahun 1920-an ketika bentuknya lebih seragam. Barel bulat, dan gagang tongkat yang ramping adalah yang umum saat ini.


Slugger Louisiville

Slugger Louisville, adalah merek yang pertama kali mengembangkan tongkat baseball, dimulai pada tahun 1880-an dan tetap menonjol hingga saat ini. Menurut website perusahaan, nama merek ini diambil ketika John Hillerich yang berumur 17 tahun melihat pemain Louisville bernama Pete Browning setelah merusak tongkat favoritnya. Hillerich, yang bekerja di toko kayu keluarganya, menawarkan untuk membuat Browning tongkat baru. Permintaan semakin banyak setelah Browning cocok dengan tongkat buatannya, dan Hillerichs menambahkan logo merek dagang untuk setiap tongkat yang ia buat.


Ukuran

Banyak tongkat yang digunakan oleh pemain di awal abad 20 yang sangat berat. Misalnya, Frank “Home Run” Baker, yang memimpin Liga Amerika dengan home run empat kali pada awal abad 20, menggunakan tongkat seberat 52-ons, sementara tongkat pemukul kontemporer berada di bawah 40 ons. Sebuah aturan pada tahun 1859 membatasi ukuran diameter tongkat sampai 2,5 inci, yang meningkat menjadi 2,75 inci pada tahun 1895, dan panjang tongkat dibatasi sepanjang 42 inci pada tahun 1869.


Tongkat Pemukul Logam

Tongkat pemukul bisbol logam diciptakan pada tahun 1924, tapi tidak diproduksi secara luas sampai Worth memperkenalkan model tongkat pemukul aluminium yang dijual pada tahun 1970, menurut “The Evolution of Bat Baseball.” Easton meningkatkan kadar aluminium dalam tongkat pemukulnya di akhir 1970-an, yang mulai mengalami peningkatan popularitas, karena mampu membuat bola terlempar lebih jauh dari tongkat pemukul kayu. Liga profesional tidak pernah mengizinkan penggunaan tongkat non-kayu untuk alasan kompetitif dan keselamatan.


Tongkat Pemukul Kayu

Kayu yang digunakan paling sering pada tongkat pemukul selama bertahun-tahun adalah tongkat abu putih. Hickory digunakan dalam tongkat pemukul pertama di pertengahan 1800-an, menurut Baseball-Bats.net. Tongkat kayu maple mulai populer di awal abad 21, terutama setelah Barry Bonds memukul 73 home run dengan tongkat maple kayu di musim 2001.

Berdasarkan regulasi, pemukul bisbol memiliki ukuran kurang lebih 2.75 inchi dalam diameter di bagian thickest dan kurang lebih 42 inches (1,100 mm) panjangnya. Meskipun dalam sejarah pemukul-pemukulnya sekitar 3 pound (1.4 kg) adalah swung, pemukul-pemukul pada masa sekarang 33 ounce (0.94 kg) pada umumnya, berkisar dari 34 ounce (0.96 kg) sampai 36 ounce (1.0 kg).


Sumber:
Wikipedia, "Pemukul Bisbol"
Mitra Olahraga, "Sejarah Tongkat Pemukul Baseball"
0 Komentar untuk "Ukuran Tongkat (Stik) Pemukul Baseball dan Sejarahnya"